Hallo blog ku… udah lama banget ga update, padahal banyak cerita seru yang pengen saya bagi. Postingan kali ini, saya mau cerita soal semangat jalan-jalan yang semakin meletup-letup dalam aliran darah. Kondisi ini tidak lain dan tidak bukan gara-gara pengalaman pertama saya berlibur ke Phuket bersama keluarga pada awal tahun ini. Setelah itu, keinginan untuk melanglang buana semakin menjadi-jadi. Namun target saya sekarang harus travelling ala backpacker biar bisa hemat biaya, sehingga bisa lebih lama mengunjungi suatu daerah.

Puji Tuhan karena sekarang maskapai penerbangan berkonsep “low cost carrier” sering memberikan tarif promo yang memanjakan penumpangnya. Salah satunya adalah Air Asia, yang kerap mengangkut saya pulang ke kampung halaman. Tariff termurah Jakarta – Jogja yang pernah saya rasakan adalah Rp. 124.000, dan penerbangan ke jogja pada kesempatan yang lain tidak pernah lebih dari Rp. 200.000. Rahasianya cuma 1, yaitu harus beli tiket jauh hari sebelumnya.

Berbekal pengalaman hunting tiket murah, suatu hari dapet e-newsletter dari AirAsia soal tiket promo ke beberapa destinasi di Asia. Saya yang biasanya jarang begadang, hari itu terpaksa melek sampai pukul 3 pagi biar ga kehabisan tiket. Akhirnya perjungan saya pun tidak sia-sia. Saya berhasil mendapatkan tiket Jakarta – Singapura dengan harga Rp. 10.000 dan tidak ketinggalan tiket Jogja- Singapura Rp. 50.000 untuk adik saya. Terbangnya sih masih bulan April 2011, tapi cuek aja lah.. kalaupun batal berangkat ya ga rugi-rugi amat.

Setelah mendapatkan tiket, saya dan adik saya kemudian mulai browsing sana sini untuk membuat rencana perjalanan, tidak lupa beberapa buku travelling juga saya baca untuk menambah informasi. Setelah informasi terkumpul, saya dan adik saya memantapkan diri untuk travelling ke Singapura, Malaysia dan Thailand. Jadi dari Jkt/jogja naek pesawat ke Singapura. Trus dari Singapura naek pesawat ke Bangkok. Dari Bangkok lanjut naek bus ke Krabi dan Penang. Sebelum akhirnya finish di KL untuk pulang terbang ke Indonesia. Rencana perjalanan sekitar 15 hari, dan semoga biayanya bisa dibawah 4jt per orang.

Sekian dulu update cerita dari saya, semoga rencana perjalanan ini bisa terlaksana kelak. Terima kasih buat temen2 dan traveller2 senior lainnya yang sudah menginspirasi kami.. Happy travelling…